Wednesday, March 28, 2012

Ayo membaca



Kira-kira sudah hampir 3 bulan lamanya kita pindah ke 'sarang' yang baru ini dan belum pasang tivi kabel sama sekali.

Awalnya sih kasian juga ya Matteo gak bisa nonton film-film kesukaannya di saluran Disney Junior atau Cbeebies. Tapi untungnya ada koleksi DVD kartun banyak yang belum ditonton. syukurlah Matteo mau walaupun lama-lama agak bosan juga karena distel berulang-ulang.

Tapi gara-gara gak nonton tivi kabel, saya jadi rajin bacain Matteo buku cerita. kalau dulu hanya pas malam sebelum tidur, sekarang bisa kapan saja begitu Matteo bosan dengan mainannya. 

Buku yang lagi senang dibaca rata-rata Dongeng Tujuh Menit nya Clara Ng. Enak dibaca, kalimatnya tidak panjang, dan penuh dengan warna di setiap halamannya. Walaupun dibaca berulang-ulang, Matteo belum bosan. Malah dia sudah bisa bilang dan nunjuk sendiri buku mana yang mau saya bacakan.

Buku Clara Ng yang lain, Dongeng Sekolah Tebing juga bagus. Tapi Matteo belum terlalu betah dibacakan lama-lama, karena tulisannya lebih banyak dibanding gambarnya, Begitu saya baru bacakan halaman pertama, Matteo sudah tidak sabar mau buka halaman berikutnya karena gambarnya sedikit. Selain itu ukuran buku ini agak besar dan berat (hard cover), jadi untuk sementara saya simpan dulu karena takut rusak. tunggu sampai nanti Matteo gedean dikit dan betah baca yang ini.

Buku bacaan lain yang Matteo suka adalah seri buku Lift The Flap. Wah kalau yang ini suka sekali. bukunya penuh gambar dan warna, di setiap halaman ada flap yang bisa dibuka dan bikin penasaran ada gambar apa sih dibaliknya. Gara-gara buku ini Matteo jadi tahu apa itu kunang-kunang, bekicot, serigala yang belum pernah dia liat wujud aslinya.



Ini beberapa tips membacakan buku yang sering saya lakukan:

1. cari waktu dan tempat yang nyaman. misalnya saat malam sebelum tidur sambil bersandar di atas bantal besar.

2. Jangan lupa bacakan JUDUL BUKU, siapa PENCIPTA, dan ILUSTRATORnya. Ajarkan anak  untuk menghargai hasil karya orang lain sejak dini.

3. Bacalah cerita dengan hati senang dan  suara yang keras :) 

4. Sabar ya jika anak yang dibacakan sering menyela "apa ini? apa ini?" sambil tunjuk-tunjuk gambar, jawab saja dulu lalu lanjutkan membaca. *selfnote*

5. Berhenti membaca kalau anak sudah keliatan bosan. Membaca tidak harus selesai 1 buku, yang penting kita konsisten rajin mengajak anak untuk membaca saat senggang, karena dari minat itulah tumbuh ketertarikan.

6. yang terakhir : enjoy your bonding time.... :)