Monday, June 13, 2011

Taman Safari Indonesia


Ketertarikan Matteo akan binatang berlanjut dengan mengunjungi Taman Safari Indonesia. Setelah waktu itu sukses berbondong-bondong ke Ragunan. sekarang yang agak jauhan dikit, ke Taman Safari puncak.

Kita berangkat jam 08 pagi. Jalan tol lumayan rame lancar mungkin berbarengan dengan liburan anak sekolah ya. Sampai keluar pintu tol Ciawi sekitar jam 9 lewat. satu per satu kendaraan mulai parkir dan sama sekali tidak bergerak. 15 menit kemudian suara sirene mobil polisi lewat yang artinya jalur naik searah dibuka! horeee.

Sampai di belokan menuju TSI, kita mlipir di tukang wortel yang berjejer beli 5 ikat untuk kasih makan binatang nanti. Setelah beli tiket masuk, mampir di toilet dulu untuk ganti popok Matteo abis itu sarapan di parkiran. Oh iya tentuu siapalagi yang bawa makanan kalau buka mbah sebagai seksi konsumsi. Ada lontong oncom, nasi uduk, risol, mie goreng, belum cemilan kripik usus, emping, kue moci..... komplit.

Selesai kenyang sarapan, saatnya merambat melihat binatang. Matteo gak takut lihat lama (itu yang mirip onta) nempel di kaca mobil minta wortel, atau bison yang dengan tanduk besar mau juga mendekat minta wortel, sampai belalai gajah yang hampir masuk lewat kaca pun dia gak takut. Tapiiii coba tebak siapa yang takut? Baba! iya baba payah...hihihi dikit-dikit panik liat moncong binatang ngunyah-ngunyah dekat jendela mobil. huuuuuu *sorakincupu* :p

Lama, bison, gajah, jerapah, rusa, harimau, singa, beruang, monyet, semua binatang lulus dilihat semua sama Matteo, syukurlah dia udah bobo sepanjang jalan menuju puncak. Mampir ke baby zoo sambil foto sama leopard yang cantik banget, disambung nonton dolphin show sampai lewat jam makan siang, Matteo masih belum rewel. yeay!

Puncaknya waktu tiger show sedang seru-serunya, Matteo tiba-tiba nangis, ternyata dia pup. Untungnya para penonton gak sadar ada bau-bau aneh di tengah pertunjukan. dan ternyata benar, begitu selesai tiger show, baru mau bopong Matteo ke toilet buat ganti popok eeeh dia udah ketiduran digendongan saya. Untungnya lagiii pas banget ada dipan kecil buat gantiin popok. Jadilah Matteo tiduran disitu, sementara saya menggantikan popoknya. fiuh...

Selanjutnya kita makan siang bersama, sambil nunggu Matteo bangun. Jam 1430, lewat waktu makan siang. kita pesan makanan sunda di food court. untuk Matteo saya bungkus chicken nugget sama nasi. sekali-kali makan nugget ya nak...libur dulu masakan mama :)

Matteo bangun begitu kita selesai makan. Lanjutlah kita menuju show berikutnya: sea lion show! sambil suapin Matteo nonton anjing laut beraksi. seru ya! terakhir saya ke TSI waktu jaman kuliah (th 2000) dan animal show belum dikemas semenarik sekarang. panggung dan tempat duduk penontonnya sekarang udah bagus dan lumayan menampung banyak penonton. sepertinya benar tuh kata si mbak animal keeper: gak usah jauh-jauh ke amerika! ke TSI aja. #iklan.

Terakhir yang kita tonton menjelang TSI tutup: cowboy show. aduh ini juga keren walaupun kekencengan suara musiknya, tapi lumayan menghibur. aksi pemeran tokoh-tokoh cowboy mulai dari sheriff sampai tante-tante penghibur cukup bagus. apalagi si pemeran cowboy cebol yang hobi geol hihihi. oh ya, binatang-binatang yang diajak show juga kooperatif banget. tau kapan waktunya keluar dan kapan waktunya kembali ke kandang. kok bisa pinter gitu ya? keren.

Akhirnyaa...sudah jam 1630. Tadinya masih mau naik gajah sebelum pulang tapi ga jadi karena malah kena macet di parkiran kehalang bis-bis wisata yang mau keluar. kapan-kapan ya nak kita naik gajahnya...naik baba juga sama aja kan kayak naik gajah hahaha *upsss.

wuss...wuss...wuss.... untung masih kekejar jam turun searah dari puncak ke ciawi. macetnya justru malah di tol bogor. terima kasih Tuhan jalan-jalan kali ini berjalan lancar...

terima kasih untuk tante nanda yang selalu konsentrasi di belakang kemudi dan mbah yang selalu siap sedia dengan makanan ketika perut kukuruyuk, dan baba seksi dokumentasi sesekali merangkap jadi co-driver.

dan terima kasih untuk Matteo, yang ga rewel sepanjang perjalanan. tetep sehat terus ya nak, biar bisa jalan-jalan lagi di tempat wisata yang berbeda :)

ohiya lupa, trims juga buat Boba Glacier yang sudah bantuin saya gendong Matteo sepanjang tanjakan wira-wiri liat segala animal show. Sengaja gak bawa stroller, selain takut tiba-tiba nggelinding hihihi menurut saya lebih praktis kalau bawa gendongan, nolong banget nyari tempat duduk yang nun nanjak disana dan banyak tangganya itu. praktis! thanks Boba :)


HTM dewasa = 75,000 / orang

mobil = 15,000

wortel 5 ikat = 10,000

Foto @babyzoo = 10,000 / animal

makan siang food court 4 orang = sekitar 150,000

Boba Carrier = beli di sini