Thursday, March 31, 2011

Amplop akordeon

Perkenalkan, ini ‘partner’ keuangan saya yang baru: amplop plastik akordeon warna biru.

Kalau ibu-ibu jaman dulu (eh sekarang masih ada juga sih) seringnya pakai amplop putih kertas yang panjang. Kalau saya pakai amplop akordeon dari plastik ini. Lebih awet dan tidak gampang robek.

Kemarin saya beli di toko ATK seberang pasar Benhil, murah cuma 12ribu. Sengaja gak ke Gramedia, kalau kesana bisa-bisa malah borong buku *eh kok curhat*

Sebagai ibu rumah tangga yang masih gagap atur duit, saya memutuskan harus punya amplop ini. Kenapa? Supaya:

1. Pengeluaran setiap bulan jadi lebih tertib dan terarah karena di dalam amplop ini sudah terbagi menjadi sekat-sekat yang bisa diberi nama sesuai dengan pos-pos biaya rumah tangga.

2. Menghindari sering-sering ke ATM. Kalau sudah terbagi dengan tertib seperti ini, gak usah rajin ke ATM lagi. Selain bebas antri, juga menghindari pengambilan uang yang berlebihan.

3. Jadi rajin mencatat pengeluaran rumah tangga mulai dari beli cabe sampai beli bedak.

4. Lebih tenang. Karena semua pengeluaran sudah dirinci jadi gak ada yang namanya uang bayar listrik kepake buat angpau kondangan, atau uang beli susu pakai uang transport dulu…kusut jadinya!

5. Kalau sudah terbiasa tertib seperti ini, semoga bisa menjadi jembatan untuk tertib berinvestasi juga. Hore!

Well, untuk orang yang tidak tertib dan suka gatel kalau liat saldo ATM, sepertinya amplop akordeon ini cocok untuk saya. sekian.